Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIM SAR GABUNGAN LAKUKAN EVAKUASI WNA YANG TERSESAT DI GUNUNG AGUNG

Evakuasi WNA Tersesat di Gunung Agung
Evakuasi WNA Tersesat di Gunung Agung

KARANGASEM, mediabaliviral.my.id - Pada hari Selasa (13/6/2023) ada seorang warga negara asing berinisial GS jenis kelamin laki-laki berusia 22 tahun asal USA tersesat di Gunung Agung, Kecamatan Rendang, Karangasem. Sekitar pukul 07.30 Wita ia berangkat dari hotel menuju Gunung Agung , namun ketika petang korban menghubungi temannya dan mengabarkan bahwa ia tidak bisa menemukan jalur menuju Pura Pasar Agung "Temannya dihubungi sekitar pukul 19.30 Wita bahwa korban tersesat dan segera setelah mendapatkan laporan kami menggerakkan personil dari Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem," terang Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Bali (Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar), I Wayan Suwena, S.H. Sebanyak 9 personil telah tiba di Pos Pendakian Pura Pasar Agung pada pukul 22.50 Wita. 

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem, I Gusti Ngurah Eka W menerangkan, "Setelah melakukan persiapan, 10 menit berselang selanjutnya tim SAR gabungan bersama pemandu lokal memulai pendakian, setelah sampai pada posisi ketinggian 2000 Mdpl kami turun karena kami dapat informasi karena target ini bisa mengirim lokasi". 

Pada posisi korban yang berada pada ketinggian 1790 Mdpl dan masih bisa berkomunikasi serta menginformasïkan posisinya. la juga menuturkan bahwa lokasi korban tidak bisa langsung diakses, jadi tim SAR gabungan mendaki sampai dengan 2000 Mdpl, kemudian turun mencari jalur hingga mencapai posisi korban.

Sekitar pukul 01.55 Wita pagi dini hari tadi tim SAR gabungan bertemu dengan korban di ketinggian 1700 Mdpl. "Kondisi target sangat sehat akan tetapi sempat kedinginan, kita buatkan api unggun," ungkapnya. Hampir kira-kira 4 jam lamanya mereka berjalan turun dan tiba di Pos Pendakian Pura Pasar Agung pada pukul 04.45 Wita. "Kurang lebih proses evakuasi ini 6 jam," tutup Ngurah Eka. la juga berterimakasih kepada pemandu lokal yang sangat membantu proses evakuasi.

Selama operasi pencarian korban yang tersesat di Gunung Agung berlangsung melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem, Koramil 1623-6/Selat, Polsek Selat, BPBD Kab. Karangasem, PMI Kab. Karangasem, Pemandu Gunung Agung dan masyarakat setempat.

Sumber: Ig @basarnas_bali

Posting Komentar untuk "TIM SAR GABUNGAN LAKUKAN EVAKUASI WNA YANG TERSESAT DI GUNUNG AGUNG"